Events

TEMILNAS 2010 UIE IAIN Sumatra Utara

”REVITALISASI ENTREPRENEURSHIP UMMAT UNTUK INDONESIA SEJAHTERA”

Bentuk Kegiatan dan rangkaian acara TEMILNAS 2010 adalah sebagai berikut:
Seminar Internasional
Pemaparan konsep dari para ahli Ekonomi Islam yang berasal dari Akademisi dan Praktisi. Acara ini berbentuk Stadium General dan Diskusi Panel. Dari acara ini diharapkan peserta dapat menggali ilmu dari para pembicara. Dengan Seminar ini diharapkan ilmu yang diperoleh dapat menjadi bekal bagi Mahasiswa/i, sehingga dapat mengaplikasikannya di daerah masing-masing.
Tema:
“Revitalisasi Entrepreneurship Ummat Untuk Indonesia Sejahtera”

BAZAR ALA RASULULLAH

Semarang, 7 – 9 Juni 2010

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Ekonomi UNNES kali ini, fakultas menggelar serangkaian kegiatan baik itu tingkat mahasiswa maupun tingkat dosen. Dimulai dari acara pembukaan Dies Natalis dengan “Jalan Sehat” nya yang melibatkan dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi, kemudian dilanjutkan dengan diadakannya sebuah bazaar di lapangan FIS.

Dalam kegiatan bazaar ini, KSEI juga ikut

berpartisipasi. Kita menjual beberapa pernak – pernik unik, seperti bros, gelang tangan, dompet, dll. Kita juga menjual beberapa pakaian batik, jilbab, juga menjual beberapa peci (kopyah). Dengan tema “Bazaar ala Rasulullah”, kita memberikan nuansa baru bagi sistem jual beli pada umumnya. Bazaar yang diadakan KSEI ini berbasis pada sistem jual beli Rasulullah pada zamannya. Kita menawarkan barang kepada pembeli dengan harga pokoknya, dan menanyakan kepada mereka berapa besar keuntungan yang akan diberikan secara sukarela tentunya. Tidak sedikit mahasiswa yang masih tabu akan sistem jual beli ala Rasulullah ini. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang tertarik akan jual beli tersebut. Alhasil kita pun men

dapat keuntungan dengan cara tersebut dengan jumlah yang tidak sedikit.

Keuntungan yang didapat dari hasil penjualan, merupakan laba yang halal. Keuntungan semacam ini sudah diajarkan oleh Rasulullah untuk mendapatkan ridlo Allah SWT. Terbukti, dengan diterapkannya sistem jual beli ini, keuntungan yang kita peroleh jauh lebih banyak dan yang pasti pahala sunnah kita dapatkan, insyaALLAH.

BANGKITLAH EKONOMI RABBANI!!!

Bazaar Ala Rosulullah KSEI FE UNNES

Transaksi di Bazaar Ala Rosulullah KSEI FE UNNES

Sharia Economist Training 3

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Tanggal 12 juni – 13 juni 2010 kemarin, ada lagi satu  agenda besarnya foSSEI yang terlaksana di kota Purwokerto, khususnya di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kegiatan ini dinamakan “Sharia Economist Training 3” yang bertemakan “maksimalkan potensi diri dan jadilah Ekonom Rabbani”. Peserta dari SET 3 ini berasal dari Delegasi KSEI – KSEI di seluruh kampus yang ada di regional Jateng dan Mahasiswa UMP itu sendiri. Peserta SET 3 adalah yang  memenuhi syarat menjadi peserta jika sudah mengikuti SET 1 dan SET 2, SET 1 dilaksanakan di masing- masing KSEI di Universitas, sedangkan SET 2 dilaksanakan di foSSEI komisariat, contohnya komisariat Semarang.

KSEI UNNES tanggal 12 juni  kemarin mengirimkan 4 orang delegasinya untuk mengikuti SET 3 yang diselenggarakan foSSEI, keempat orang ini tentunya yang sudah pernah mengikuti SET 1 dan SET 2  dan dipilih melalui pertimbangan Presiden KSEI. Keempat orang ini adalah Emy kurniasih, Nina farliana, Rayi Wigati dan Tersiana Wijayanti. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini diisi dengan Workshop Ekonomi Syariah, Training motivasi, Materi foSSEI, Sarasehan dan Outbond.  Workshop yang berlangsung  sekitar dua jam ini menghadirkan pembicara dari para Akademisi dan praktisi Ekonomi syariah. Workshop  diikuti peserta dengan penuh semangat dan antusias, terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya dan menanggapi. walaupun  tidak semua pertanyaan dapat terjawab berhubung waktu yang disediakan panitia  telah habis, Hal ini tidak membuat peserta kecewa karena pada sesi berikutnya Peserta SET 3 mendapat training motivasi yang luar biasa dari Bapak Amir, dosen UMP . training motivasi ini bertujuan agar peserta SET 3 mampu menumbuhkan rasa semangat dan percaya diri yang tinggi dalam berdakwah di bidang Ekonomi Syariah. Diharapkan kader-kader  foSSEI sebagai mesin penggerak utama dakwah Ekonomi Syariah mempunyai komitmen kuat dan kepercayaan diri yang tinggi menyerukan kebenaran Ekonomi Islam.

Dakwah, Ukhuwah dan Ilmiah itulah karakteristik foSSEI.  sebagai organisasi penggerak dakwah di bidang Ekonomi Islam, FoSSEI mempunyai Visi dan misi yang besar kedepan untuk mencapai kejayaaan dan kesejahteraan umat di bidang Ekonomi. Visi yang besar ini akan diusung oleh orang (kader)  yang ada didalam foSSEI, tentu bukan kader yang sembarangan, melainkan kader yang berkompetensi, profesional dan kontributif. Kader yang diharapkan adalah seorang Ekonom Rabbani, begitulah uraian singkat materi yang diberikan oleh mas Aditya Rangga Yoga, Mahasiswa UGM kepada peserta SET 3 dalam sesi materi “Arah pergerakan foSSEI”.  mas Yoga merupakan salah satu pengurus foSSEI Regional. Dengan materi  ini kita benar –benar bisa lebih mengenal apa itu foSSEI, bagaimana arah gerak foSSEI dan bagaimana konsep dakwah Ekonomi Islam yang diusung foSSEI.

Tepat pukul 18.00 WIB peserta SET 3 dan panitia meluncur menuju obyek wisata Baturaden Purwokerto. Disana acara dilanjutkan dengan sarasehan bareng foSSEI sekitar pukul 20.00 WIB. Acara ini diisi game, taaruf dan  diskusi bersama koordinator foSSEI regional. Dalam diskusi peserta dibagi menjadi enam kelompok, dimana masing-masing kelompok diberikan satu tema yang telah dipersiapkan koreg foSSEI untuk dibahas dimasing-masing kelompok,  permasalahan yang telah dibahas selanjutnya harus dipresentasikan didepan. Banyak ide-ide kreatif muncul dari para peserta melalui diskusi ini, ide yang ditawarkan tidak semata diterima, namun juga banyak dikritisi dan ditanggapi oleh peserta lainnya, hal ini menambah seru diskusi di malam yang semakin larut, tanpa disadari rasa kantukpun hilang.

Pagi harinya, masih di kawasan obyek wisata Baturaden acara dilanjutkan dengan outbond, Dipandu oleh mahasiswa Psikologi UMP. Outbond berlangsung seru diisi dengan berbagai permainan yang penuh hikmah dan menyenangkan. Rasa lelah dan kantuk  rasanya telah berganti menjadi kesemangatan. Pukul 11.00 WIB resmi berakhir, ditandai dengan acara penutupan. Dalam acara penutupan diumumkan nama-nama peserta terbaik SET 3 2010, kami merasa bangga dengan terpilihnya Delegasi KSEI UNNES, Nina Farliana sebagai salah satu peserta terbaik SET 3.

Kebersamaan yang amat indah bersama teman-teman KSEI dari seluruh kampus di Regional Jateng merupakan pengalaman yang takkan terlupakan dalam kegiatan SET 3, ilmu luar biasa yang banyak diberikan merupakan investasi berharga bagi kami. Kesemangatan baru seakan muncul dibenak kami melihat antusiasme dan kesemangatan kader-kader  foSSEI.

1 thoughts on “Events

Tinggalkan komentar